Al Abidin

TKII AL aBIDIN

SDII Al Abidin

SMPI Al Abidin

SMA ABBS Surakarta

S

c

h

o

o

l

s

Contact SMPI Alabidin :+(0271) 7651873

Items filtered by date: Maret 2017
Pada tanggal 2 - 5 Maret 2017 sebanyak 224 siswa kelas 7 SMP Islam Al Abidin Surakart mengikuti kegiatan live in & Philantrophy Program di Dusun Sudimoro,  Desa Sangup, kecamatan Musuk, Boyolali. Tempat paling ujung barat Kabupaten Boyolali ini berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Merapi.
Di sana siswa selain tinggal di rumah-rumah penduduk dan membantu pekerjaan rumah warga desa yang ditempati, mereka juga melakukan bakti sosial (social service) dengan memberikan paket sembako dan pengobatan gratis kepada warga setempat. 
Di kesempatan lain, para siswa juga mengadakan kegiatan perlombaan untuk anak-anak TPA dan mengelar pengajian serta membagikan mushaf Al Quran kepada setiap warga yang beragama Islam.
Kegiatan tahunan untuk kelas 7 tersebut dimaksudkan untuk membekali dan memberi pengalaman siswa dengan banyak hal. Selain melatih kemandirian dan kepedulian,  mereka juga mendapatkan pelajaran bagaimana harus bersikap dan bertutur sopan ala warga desa, bertahan di tempat yang tidak banyak fasilitas dan mensyukuri apa yang sudah mereka punya saat ini.
Published in Berita SMPI
Jumat, 17 Maret 2017 08:40

Menyapa Masyarakat di Hari Milad

Minggu pagi, 26 Februari 2017, ribuan keluarga besar yayasan Al Abidin menyapa pengunjung Car Free Day (CFD) Solo. Siswa dan guru dari TK s.d SMA di bawah Yayasan Al Abidin membawa bunga untuk diberikan kepada setiap pengunjung di sepanjang jalan Slamet Riyadi. Selain memberikan bunga,  siswa-siswa tersebut juga menyapa ramah dan menanyakan beberapa hal terkait dengan Al Abidin. 
Selain menyarakan hari jadi yang ke 15, agenda ini juga bertujuan untuk melatih siswa berkomunikasi dan bersosialisasi, mengenalkan Al Abidin serta mengetahui tingkat popularitas Al Abidin di tengah-tengah masyarakat,  khususnya Solo dan sekitarnya. 
Harapannya semakin bertambah usianya, Al Abidin semakin dekat di hati masyarakat dan berkontribusi lebih besar dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Published in Berita SMPI
Jumat, 17 Maret 2017 08:38

Kajian Bersama Teh Peggy

Mantan artis sekaligus da'i, Peggy Melati Sukma, atau yang akrab dipanggil teh Peggy mengunjungi SMP Islam Al Abidin pada tanggal 13 Februari 2017. Kunjungan beliau sekaligus bersamaan dengan agenda roadshow di berbagai kota di Indonesia untuk menggalang dana kemanusian untuk para pengungsi dan korban perang Suriah dan sekitarnya.
Acara yang dihelat oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) ini bertujuan untuk menguatkan karakter siswa dalam menghadapi tantangan-tantangan zaman. Dalam kesempatan ini, teh Peggy menyampaikan akan pentingnya menjaga marwah kita sebagai umat Islam. Jangan sampai sebagai generasi muslim kita hanya ikut-ikutan budaya atau kebiasaan agama lain yang bertentangan dengan nilai-nilai Islam, salah satunya budaya Valentine. Selain itu, sang inspirator hijarah teresebut juga memberikan beberapa tips supaya kita bisa meraih masa depan yang gemilang karena masa depan umat Islam ada ditangan remaja-remaja Islam yang duduk di hadapanya, kata beliau.
Selain memberi asupan ruhaniyah kepada siswa, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melatih empati siswa dengan menyelenggrakan penggalangan dana. Dan Alhamdulillah, dana untuk Syam yang terkumpul dari siswa mencapai 19.860.000 rupiah.

Published in Berita SMPI