Al Abidin

TKII AL aBIDIN

SDII Al Abidin

SMPI Al Abidin

SMA ABBS Surakarta

S

c

h

o

o

l

s

Contact SMPI Alabidin :+(0271) 7651873

Sekilas SMPI Al Abidin

Written by 
Published: 03 Januari 2012
15290 times Last modified on Sabtu, 20 Januari 2018 09:37
Rate this item
(3 votes)

Sejarah Berdirinya SMP Islam Al Abidin Surakarta

 

Latar Belakang

Latar belakang berdirinya SMP Islam Al Abidin Surakarta didasarkan pada kenyataan di lapangan bahwa Yayasan Al Abidin yang terlebih dahulu mempunyai unit pendidikan KB-TKII Al Abidin dan SDII Al Abidin, merasa perlu mengakomodasi permintaan orang tua/ wali murid yang berharap adanya sekolah lanjutan. Akhirnya didirikanlah SMP Islam Al Abidin sebagai pendidikan lanjutan setelah SDII Al Abidin.

 

Tujuan

SMP Islam Al Abidin Surakarta adalah salah satu unit Yayasan Al Abidin yang didirikan sebagai bentuk kepedulian atas keberlanjutan pendidikan dari KB-TKII Al Abidin dan SDII Al Abidin yang sudah cukup lama mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. SMP Islam Al Abidin mengusahakan pembelajaran dengan mengedepankan pendekatan proses eksplorasi anak yang menyinergikan nilai-nilai keislaman dan IPTEK dengan kemampuan bahasa asing. Sehingga, SMP Islam Al Abidin dikenal dengan “Multitalent School” atau sekolah multitalenta/ serba bisa.

 

Pendiri

  1. A. Dewan Pembina Yayasan
  2. 1. H. Soeparno Zainal Abidin
  3. 2. K.H. Wahyudin
  4. 3. Drs. H. Nursambudi
  5. 4. Hj. Sri Iriani
  6. 5. Drs. H. Nurdin Urbayani, MM.
  7.  
  8. B. Pengurus Yayasan

Ketua Yayasan      : Drs. H. Sunarno, M.Pd.

Sekretaris              : Abdul Kadir Audah, M.M.

Bendahara             : Nanang Mujahidin, S.E.

Kabid Pendidikan   : Drs. Jumbadi, M.Pd.

  1. B.     Tim Formatur:

Purno Budiantoro, S.Pd.I.

Arif Mashudi, S.T.

Danang Dwi Pambudi, S.Pd.

 

 

Cerita Singkat

SMP Islam Al Abidin resmi berdiri pada tanggal 30 Desember 2010 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Kadikpora No. 525.1/ 8317.A/ SMP/ 2010 tentang persetujuan pendirian sekolah di wilayah Kota Surakarta. Di mana 2 tahun sebelumnya telah dipersiapkan oleh pengurus yayasan Al Abidin mengenai sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pendirian SMP Islam Al Abidin Surakarta.

SMP Islam Al Abidin berdiri di atas tanah wakaf Dr. H. Suparno Zaenal Abidin, seorang pengusaha ternama di Kota Solo yang sekaligus pendiri Yayasan Al Abidin. Dengan menempati bangunan madrasah Aliyah (MA) Al Abidin dan pabrik es batu yang sudah tidak terpakai, jadilah bangunan SMP Islam Al Abidin. Merintis pendirian sekolah baru tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, pasti ada suka dan duka yang dirasakan, seperti halnya dalam mencari siswa baru. Semuanya dimulai dari konsep SMP Islam Al Abidin yang diinginkan yaitu “Multitalent School” atau sekolah multitalenta/ serba bisa. Membuat visi, misi, tujuan, dan “software” yang menjadi ciri khas sekolah. Pengenalan ke berbagai Sekolah Dasar dan relasi sekolah dilakukan dengan gencar, hingga presentasi di hadapan orang tua siswa SD untuk meyakinkan bahwa SMP Islam Al Abidin hadir sebagai pilihan utama pendidikan bagi putra-putrinya. Dan Alhamdulillah pertama kali berdiri SMP Islam Al Abidin memperoleh 92 siswa yang terbagi dalam 3 kelas.