Sebagai salah satu upaya menanamkan jiwa kewirausahaan kepada anak, Sekolah Dasar Islam Internasional (SDII) Al Abidin Solo menggelar kegiatan market day pada Selasa (13/12) kemarin. Kegiatan yang diisi aktivitas jual dan beli layaknya di pasar tradisional ini diikuti siswa kelas I hingga kelas VI di aula sekolah setempat. Para siswapun kelihatan antusias mengikuti kegiatan ini. Berbagai macam barang mereka bawa dari rumah untuk dijual di sekolah. Seperti dimuat dalam harianjoglosemar.com, ada yang menjual jajanan pasar, buah-buahan, alat tulis, hingga ikan hias. Uniknya,para bocah ini bertindak layaknya orang dewasa yang suka tawar menawar harga barang.
Salah seorang siswa kelas V, Fatimah Untoro tampak tengah sibuk melayani para pembeli yang terdiri dari siswa kelas I hingga III. Fatimah memperlihatkan barang dagangan yang berupa ikan hias. Ikan tersebut berjumlah 90 ekor dengan sisik yang beraneka warna. ada putih, orange, dan coklat. Setiap tiga ekor ikan telah ia kemas ke dalam plastik berisi air. “Wah ikanku habis!” kata Fatimah puas.”Satu kantong berisi tiga ekor ikan dan saya jual Rp.1000,00. Modal saya untuk membeli ikan Rp.12.000,00. Sedangkan uang yang saya terima dari hasil penjualan ada Rp.32.000,00. jadi saya untung Rp.20.000,”uangkap gadis cilik ini.
di sudut lain, tampak Amalia Nur Fadhila tengah membeli buah manggis pada temannya. “manis buahnya. Saya suka karena mengandung banyak vitamin. Saya membeli dua buah manggis, yang satu buahnya Rp.1000,”aku Amalia. Humas SDII Al Abidin Solo, Khanifudin mengatakan kegiatan ini bertujuan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada siswa. Dengan demikian siswa dapat menuangkan ide dan kreatifitasnya dalam berwirausaha.