Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 25 November 2016,  SMP Islam Al Abidin menyelenggarakan upacara bendera. Ada yang istimewa pada upacara kali ini, yaitu petugas upacara semua adalah guru.  Pemimpin upacara,  protokol, pengibar bendera,  pembawa teks,  pembaca doa dan UUD,  komandan pleton dan regu paduan suara semua dari unsur guru. Tidak mau kalah dengan siswa dalam melaksanakan tugas, guru-guru tampak fasih dalam membawakan setiap tugas mereka. Beberapa saat setelah upacara selesai, peserta upacara dan semua guru diminta untuk tidak meninggalkan lapangan. Kemudian ada beberapa anak yang sudah disiapkan sesuai dengan jumlah guru memberikan bingkisan,  kembang dan balon sambil mengucapkan ‘selamat hari guru, semoga diberikan hidayah,  kesabaran dan rejeki yang cukup’ dan masing-masing guru langsung menjawab ‘aamiin’ kemudian guru dan siswa saling bersalaman dan berpelukan.
Bersamaan dengan momen mengharukan tersebut dua orang siswa putri maju ke tengah lapangan memandu siswa lain menyanyikan hymne guru dan satunya sambil membaca puisi untuk guru. Setelah selesai semua prosesi upacara dan ‘tanda’ bakti siswa kepada guru,  osis selaku panitia menyelenggarakan beberapa ‘events’ seperti lomba memasak guru Putri dan lomba tenis meja untuk guru Putra.  Sementara siswa di masing-masing kelas menghias nasi tumpeng.  Tumpeng yang dihadirkan juga sangat kreatif dan menarik; ada yang membentuk miniatur sekolah,  candi borobudur,  rumah dan ada bentuk tumpeng asli dengan ornamen-ornamen lauk yang ditata rapi.  Itulah kemeriahan dan kebahagian yang dihadirkan oleh keluarga besar SMP Islam Al Abidin. 
Semoga dengan perayaan hari guru ini, semua warga sekolah mendapat pelajaran dan hikmah.  Guru menjadi semakin mencintai profesinya sebagai pendidik,  siswa semakin semangat belajar dan menaruh rasa hormat pada guru serta orang tua dan masyarakat mendukung penuh proses pendidikan di sekolah.