Ketika menyekolahkan anak, harapan mayoritas orang tua adalah bahwa anaknya bisa menyerap pelajaran dengan baik, mendapatkan nilai terbaik dan diterima di sekolah atau perguruan tinggi favorit sehingga kelak anak-anak mereka nanti mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi dan orang-orang di sekitarnya akan melabeli mereka dengan kata sukses. Tentu itu juga tidak salah, tapi ternyata banyak faktor yang lebih dominan mempengaruhi kesuksesan seseorang daripada sekedar hal-hal di atas. Hasil penelitian dari Thomas J. Stanley, Ph.D mungkin akan mengubah apa yang anda pikirkan.

Penelitian beliau menunjukkan bahwa dari 100 faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, IQ hanya di urutan ke-21, bersekolah di sekolah favorit di urutan ke-23, dan lulus dengan nilai terbaik/hampir terbaik cuma faktor sukses no. 30. Sehingga akan muncul dibenak kita, kira-kira faktor apa saja yang menghuni sepuluh besar. Silahkan Anda renungkan kembali apa yang Anda percayai setelah membaca 10 urutan di bawah ini :
1. Jujur.
2. Disiplin.
3. Gaul (good interpersonal skill).
4. Dukungan dari pasangan hidup.
5. Bekerja lebih keras dari yang lain.
6. Mencintai apa yang dikerjakan.
7. Kepemimpinan yang baik dan kuat (good & strong leadership)
8. Semangat dan berkepribadian kompetitif.
9. Pengelolaan Kehidupan yang baik (good life management).
10. Kemampuan menjual gagasan dan produk
(Abilty to sell idea or product).

Jika diringkas 10 faktor tersebut akan berkutat pada pembentukan mental dan karakter  dan itu mutlak harus dimiliki terlebih dahulu daripada sekedar intelegensia jika kita menginginkan anak-anak kita sukses di masa yang akan datang. Sehingga seluruh pemangku kepentingan, terutama sekolah, harus memprioritaskan pembentukan mental dan karakter melebihi sisi-sisi kognitif.