KEGIATAN JUMBARA

Surakarta, SMP Islam Al Abidin Surakarta pada tanggal 17 – 19 September 2013 telah mengikuti kegiatan JUMBARA (Jumpa Bakti Gembira) VI. Kegiatan ini diadakan oleh PMI untuk memperingati hari Ulang tahun PMI yang ke 68. Kegiatan ini di ikuti oleh anggota PMR Mula (SD), Madya (SMP)  dan Wira (SMA). Jumbara kali ini diikuti 85 kontingen baik sekolah negeri maupun swasta di daerah kota SOLO.

SMP Islam Al Abidin mengirimkan 2 kontingen, yaitu 1 kontingen putra dan 1 kontingen putri.  Anggota kontingen SMP Islam  Al Abidin merupakan  siswa level 7, 8 dan 9 yang telah terseleksi  dari semua anggota PMR SMP Islam AL Abidin. Untuk kontingen putra diketuai oleh Ananda Yogi Nur Triono kelas 9 Ali dan kontingen putri diketuai oleh Ananda Afin Nur Hidayati kelas 9 Khansa.

Kegiatan JUMBARA yang diadakan selama 3 hari meliputi kegiatan Jumpa yaitu pertemuan antara kontingen dari sekolah-sekolah lain yang dikemas dalam kegiatan travelling yang didalamnya ada unsur kompetisi. Kemudian kegiatan Bakti yaitu para peserta membaktikan diri mereka untuk kegiatan sosial dengan mengunjungi saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan di Griya PMI dan kerja bakti membersihkan lingkungan di sekitar stadion Manahan. Gembira yaitu para peserta bergembira dengan adanya kegiatan pentas seni, olahraga persahabatan dan out bond bersama.

Dari kegiatan travelling PMR, ada 3 kategori terbaik yaitu Terbaik 1, Terbaik 2 dan Terbaik 3. Kontingen SMP Islam Al Abidin termasuk dalam kategori Terbaik 1 dengan rincian:

–  Juara 1 Kepemimpinan,
–  Juara 2 Kepalahmerahan,
–  Juara 2 Donor Darah,
–  Juara 2 Perawatan Keluarga
–  Juara 4 Ayo Siaga Bencana