Senin (15/7) merupakan hari pertama masuk sekolah di lingkungan unit pendidikan Al Abidin, termasuk di dalamnya adalah Sekolah Dasar Islam Internasional (SDII) Al Abidin.
Waktu belum tepat menunjukkan jam 07.00 WIB, saat kepadatan arus lalu lintas kendaraan orang tua yang akan mengantarkan putra putrinya untuk pertama kalinya bersekolah sudah terlihat. Bersyukur, telah ada pemberitahuan jalur searah pada hari sebelumnya sehingga tidak sampai membuat kemacetan. 
Antusiasme terlihat dari raut wajah para siswa dan orang tua. Dengan penuh semangat, satu per satu siswa memasuki gerbang sekolah. Rasa cemas tersirat di wajah beberapa orang tua saat harus meninggalkan putra putrinya. Tangis mulai terdengar dari beberapa siswa kelas 1 ketika orang tua menyalami buah hatinya. Namun dengan sigap para guru segera tanggap dengan situasi ini sehingga dengan sekejap telah tampak kembali keceriaan siswa.
Di sisi yang lain, siswa kelas 2 dan 3 telah bersiap berkumpul di aula sekolah. Seakan mereka tidak sabar ingin mengetahui dimana kelas mereka yang baru dan siapa wali kelas serta pendampingnya. Ucapan selamat datang kembali di sekolah dan harapan agar tahun ini lebih baik dari tahun kemarin disampaikan oleh staf kesiswaan, mrs. Erna yang memandu acara ini. Semangat dan motivasi yang tinggi ditunjukkan para siswa saat tepuk The Best dan tepuk Semangat dilakukan. Riuh rendah suara siswa juga menghiasi aula ketika yel-yel SDII dikumandangkan. SDII bersatu…tak bisa dikalahkan….!
Sorak sorai siswa terdengar menyambut dibacakannya pengumuman wali kelas dan pendamping mereka. Segera siswa kelas yang disebut berjalan mengikuti wali kelas dan pendamping menuju kelas mereka masing-masing.
Di halaman belakang juga tidak kalah serunya saat Waka Kesiswaan, mrs. Warti memandu jalannya pembagian kelas 4 dan 5. Tahun ini kelas 4 merupakan kelas yang benar-benar baru karena adanya pemisahan kelas putra dan kelas putri. Dengan seksama mereka mendengarkan pembacaan nama-nama di kelas mana mereka harus masuk. Sedangkan kelas 5 menunggu kelas mereka dipanggil untuk mengikuti wali kelas dan pendamping menuju kelas mereka.
Kesibukan juga terlihat di kampus 2 SDII. Untuk pertama kalinya kelas 6 menggelar apel di halaman gedung tersebut. Dengan dipandu oleh mrs. Fita, kegiatan ini berjalan dengan lancar. Motivasi kesiapan siswa di kelas 6 dan penulisan target yang akan dicapai menjadi agenda utama dalam apel tersebut. Perbaikan diri yang meliputi sikap belajar, ibadah, dan akhlaq merupakan fokus utama yang akan diusung bersama antara siswa, orang tua, dan guru.
Kegiatan belajar mengajar (KBM) reguler untuk kelas 2 – 6 baru akan dimulai pada hari Kamis, 18 Juli 2013. Tiga hari sebelumnya digunakan untuk pra KBM sebagai pemanasan setelah masa liburan. Sedangkan untuk siswa kelas 1, yang tahun ini, SDII menerima siswa baru kelas 1 sebanyak 213 siswa yang terbagi dalam 7 kelas pararel masih digunakan untuk pra KBM dan matrikulasi kemampuan dasar yang harus dikuasai sesuai perkembangan usia seperti toilet training, gerakan dan doa sholat, tanggung jawab kepemilikan barang, dan lain-lain untuk mendukung pembelajaran di kelas pada waktu-waktu selanjutnya sampai akhir bulan Ramadhan.
Tahun ajaran baru, kelas baru dan semangat baru membawa harapan baru untuk menjadi lebih baik. Menorehkan prestasi di segala bidang merupakan target sekolah untuk mengharumkan nama SDII sebagai salah satu sekolah swasta Islam di kancah dunia pendidikan.