Melatih kepemimpinan siswa diantaranya dengan membiasakan diri untuk melayani bukan dilayani, mempersiapkan bukan dipersiapkan, mengasihi bukan dikasihi, berempati, berkontribusi dan mudah berbaur dengan lingkungan baru dan juga membekali mereka dengan sikap mandiri karena akan tiba saat dimana mereka harus berdiri diatas kaki sendiri.

Kegiatan ‘Philantrophy & Live in Village’ Smp Islam Al Abidin yang diikuti 177 siswa level 7 menyisakan pengalaman yang sangat berkesan bagi para siswa. Sebuah kegiatan yg disuguhkan untuk melatih kepedulian dan kemandirian ini berlangsung selama 3 hari di Desa Karangasem Kec. Bulu Sukoharjo. Di sana siswa tinggal di rumah warga desa dan melakukan kegiatan layaknya anak desa yg membantu pekerjaan orang tuanya; mulai dari memasak, mencuci, membersihkan rumah dan halaman, membantu di sawah, dan masih banyak kegiatan harian yang mereka lakukan. 
Selain itu, untuk melatih kepekaan sosial, siswa menyelenggarakan bazar dan bakti sosial serta memakmurkan kegiatan masjid dengan melaksanakan sholat berjamaah, mengajar TPA dan mengadakan berbagai macam lomba utk anak-anak.

Semoga mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang tangguh dan berakhlak karimah. Aamiin