Home Program Unggulan

Program Unggulan

SMP swasta favorit di solo

International Class Program (ICP)

Dengan berkembangnya sistem tranportasi dan teknologi infomasi yang sangat cepat, dunia semakin tanpa sekat. Orang menjadi lebih mudah dan leluasa bergerak dari negara satu ke negara lainnya. Dalam kondisi seperti ini, kesempatan besar akan didadaptkan bagi mereka yang mempunyai kompetensi dan daya saing yang dibutuhkan oleh dunia saat ini dan di masa depan.

Dalam rangka menyiapkan lulusan yang berwawasan dan berdaya saing global, SMP Islam Al Abidin bekerjasama dengan Cambridge International Assesment menyelenggarakan Program Kelas Internasional atau International Class Program (ICP). Dalam penyelenggaran kegiatan belajar mengajar, sekolah menerapkan kurikulum Cambridge mulai dari pembelajaran di dalam atau luar kelas, kegiatan pendukung dan sistem penilaiannya.

International Class Program menekankan pada kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam persaingan global yang meliputi; keterampilan bahasa Inggris baik speaking, listening, writing dan reading serta kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam setiap mata pelajaran Cambridge dan program pendukungnya.

Untuk mendukung ketercapaian kompetensi di atas, ICP menyelenggarkan beberapa kegiatan pendukung di antaranya; English Camp, English Festival, Native Session, Entreprenuership, Digital Class, Five Minutes Presentation, My Vlog, My Best Diary, Outing Class, Philantrophy Program, Leadership Camp dan masih banyak kegiatan pendukung yang lain. Dan untuk mengukur tingkat capaian siswa, Intenational Class Program melaksanakan penilaian siswa secara berkala dengan Progression Test di setiap semester dan Check Point Test di akhir masa belajar atau kelas IX. Selain itu, Program ibadah dan pembelajaran Al Quran juga menjadi kegiatan utama siswa ICP setiap hari.

Lulusan ICP mempunyai kesempatan yang luas melanjutkan studi ke luar negeri untuk mengembangkan cakrawala dan mendepatkan peluang masa depan yang lebih baik.

Tahfiz Class Program (ICP)

Rasulullah SAW bersabda: “ Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhori). Alquran adalah pedoman hidup dan petunjuk bagi seluruh umat manusia. Menghafalkan merupakan hal yang mulia dan akan diberikan pahala yang melimpah, salah satunya memberikan mahkota kepada keluarganya. Menghafalkan alquran tidak hanya bermanfaat di akhirat tetapi juga di dunia karena Allah SWT akan memudahkan urusan hamba-Nya.

Program tahfiz SMP Islam Al Abidin dibentuk dengan tujuan untuk menciptakan generasi platinum, yaitu generasi Rabbani yang unggul, beraklakul karimah, cerdas serta dapat mengajarkan dan mempelajari alquran. Generasi harapan inilah yang nantinya melahirkan pemimpin-pemimpin bangsa yang bermoral dan beraklak mulia.

Program tahfiz merupakan salah satu program unggulan di SMP Islam Al Abidin dengan target pencapaian hafalan 10 juz selama tiga tahun di SMP. Adapun untuk mencapai target tersebut telah disiapkan program-program penunjang seperti, pembelajaran alquran secara intensif tiap pekan dengan sistem halaqoh, tahsin dan sertiikasi tilawah, murojaah pagi, tasmi’ khusus dan tasmi’ akbar, motivasi tahfiz, mutabaah harian, camping quran, festifal tahfiz, wisuda tahfiz dan masih banyak lagi. Selain itu kegiatan entrepleunership, leadership, kemampuan dalam bidang bahasa Inggris dan IT juga diberikan sebagai pendamping.

Information and Communication Technology (ICT) Class Program
Alvin Tovler dalam bukunya “The Third Wave” mengungkapkan bahwa dunia dibagi ke dalam tiga gelombang peradaban utama. Gelombang pertama adalah peradaban pertanian atau bercocok tanam. Dalam gelombang ini, orang atau kelompok yang menguasai peradaban adalah mereka yang mampu mengembangkan teknologi pertanian sehingga menghasilkan produk pertanian yang baik dan bermanfaat bagi orang lain. Yang kedua adalah gelombang industri. Ditemukannya mesin uap menjadi salah satu penanda masuknya peradaban ini. Dan yang ketiga adalah Peradaban Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang saat ini kita sedang berada di dalamnya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi tidak bisa kita hindari, apalagi anak-anak kita yang merupakan generasi digital atau digital native. Perusaahan start-up teknologi menjamur dan mendulang banyak keuntungan di tengah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat. Mulai dari perdagangan, keuangan, jasa, industri dan sosial semua menggunakan teknologi ini sebagai ruang bertransaksi atau berinteraksi. Sehingga, orang yang mengendalikan peradaban ini adalah mereka yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi.

Sadar akan tantangan zaman ini, SMP Islam Al Abidin membuka Program Kelas Information and Communication Technology (ICT). Di sini, siswa kita arahkan agar tidak memandang ICT hanya sebagai alat tapi juga peluang untuk menebar manfaat dan kebaikan bagi diri mereka dan orang lain.

Di Program Kelas ICT, siswa mempelajari teknik operasional komputer, pemrograman, coding, desain komunikasi visual dan digitalprenuership. Selain memberikan porsi pembelajaran ICT yang lebih banyak, program ini terdapat program pendukung seperti ICT Camp, Entreprenuership, Workshop ICT, ICT field study, Photography/Videography, Philantrophy Program, Leadership Program, dan masih banyak kegiatan pendukung yang lain. Selain itu, Program ibadah dan pembelajaran Al Quran juga menjadi kegiatan utama siswa kelas ICT setiap hari.

Tujuan program ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing serta kompetensi teknologi informasi dan komunikasi yang dapat mereka gunakan untuk bekal masa depan yang menjanjikan.