Bulan Muharram menjadi salah satu bulan suci bagi umat islam, selain bulan Ramdhan. Keistimewaan tanggal 1 Muharram berkaitan dengan peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah.

Rasulullah SAW menyebutkan bulan Muharram menjadi bulan yang istimewa untuk memperbanyak ibadah, salah satunya dnegan menunaikan ibadah puasa.

Rasulullah SAW menganjurkan untuk memperbanyak puasa pada bulan Muharram, khususnya puasa Asyura dengan keutamaan bisa menghapuskan dosa setahun pada masa lalu. Hari Asyura adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram.

Ibnu Abbas RA mengabarkan semangat puasa Nabi SAW sebagai berikut:
“Aku tidak pernah melihat Nabi SAW bersemangat puasa pada suatu hari lebih beliau utamakan atas selainnya kecuali pada hari ini, yaitu hari Asyura dan pada bulan ini, yakni bulan Ramadhan.”( HR. Al-Bukhari dan Muslim).

 

Rasullullah SAW menganjurkan kepada yang melaksanakan puasa Asyura, untuk melengkapi dengan puasa Tasu’a sehari sebelumnya. Puasa ini disyariatkan untuk menyelisihi syariat puasa Yahudi dan Nasrani.

Imam Asy Syafii dan para sahabatnya, Ahmad, Ishaq dan selainnya berkata: “Disunahkan berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh secera keseluruhan, karena Nabi SAW telah berpuasa pada hari kesepuluh dan berniat puasa pada hari kesembilan.”

Nah, Sobat Albi puasa Tasu’a dan Asyura itu untuk tahun ini jatuh pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 28 dan 29 Agustus 2020.

Yuuuk persiapkan diri kita untuk melaksanakan puasa Tasu’a dan Asyura…😀😀