Ratusan pelajar TK, SD, SMP dan SMA yang bernaung di bawah Yayasan Al Abidin menggelar kegiatan membaca massal di area Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, tepatnya di depan Pengadilan Negeri Solo, Minggu (18/5). Acara membaca massal itu dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh kemarin, 17 Mei.

Siswa dari Sekolah Internasional Al Abidin yang berjumlah sekitar 800 orang memenuhi bahu Jl Slamet Riyadi. Masing-masing siswa yang mayoritas siswa SD itu tampak memegang buku dengan berbagai judul. Sebelumnya, mereka sempat pawai dari depan PN Solo ke Loji Gandrung kemudian kembali ke PN Solo dan kemudian membaca buku bersama.

“Ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan yang kita selenggarakan Jum’at (18/5) kemarin. Kita gabungkan peringati Hari Buku Nasional dan Hari Pendidikan Nasional,” kata Humas SD Internasional Al Abidin, Ernawati kepada wartawan di sela kegiatan.

Kegiatan itu sendiri, lanjut Erna, juga diselaraskan dengan program baca buku di sekolah sehingga kegiatan baca buku massal itu diharapkan ikut memotivasi siswa bahwa buku itu penting dan merupakan sumber ilmu pengetahuan.

“Kalau mereka membaca buku InsyaAllah, wawasan mereka juga lebih luas lagi,” ujarnya.

Buku-buku yang dibaca, tutur Erna, berasal dari pemberian orang tua hasil sedekah buku yang merupakan acara di tanggal 16 Mei. Buku-buku itu sebagian akan menjadi koleksi sekolah dan sebagian dibawa pulang siswa.

Lebih jauh, pihaknya berharap, kegiatan itu mampu menjadi inspirasi bagi institusi lain.