Setiap pembelajar pasti diuji,  entah pembelajar kehidupan secara umum atau orang yang belajar disiplin ilmu tertentu atau di sekolah. Karena dengan ujian kita bisa tahu kualitas proses yang kita lewati. Niat, keseriusan,  kerja keras dan pengorbanan semua pihak akan diukur kadarnya melalui hasil ujian yang didapat. 
Dalam dunia pendidikan,  evaluasi pembelajaran adalah salah satu komponen yang paling vital.  Setelah siswa belajar beberapa standar kompetensi atau materi pelajaran,  guru mengukur daya serap setiap peserta didik terhadap materi pelajaran dengan alat evaluasi baik penugasan,  ujian tingkat kompetensi,  ujian tengah semester,  ujian akhir semester dan ujian sekolah/ujian nasional. Jenis-jenis ujian tersebut berurutan berdasarkan waktu dan cakupan materi.  Dari yang sifatnya ulangan harian sampai ujian  3 tahunan. 
Tujuan diselenggrakan ujian yang utama adalah mengukur sejauh mana proses pembelajaran berjalan efektif atau tidak.  Bagaimana guru merencanakan pembelajaran dan mengajar di kelas,  siswa belajar di sekolah atau di rumah,  daya dukung terhadap pembelajaran,  intake peserta didik, metode belajar yang diterapkan dan treatment-treatment khusus kepada beberapa peserta didik akan terlihat dalam hasil ujian.  Setelah itu,  hasil ujian akan dijadikan bahan refleksi dan evaluasi pembelajaran,  baik secara umum yang dilakukan oleh sekolah atau secara khusus yang dilakukan oleh guru dan siswa. Imbasnya adalah ada perbaikan-perbaikan kebijakan dan model pembelajaran sehingga tujuan instruksional bisa benar-benar tercapai. 
SMP Islam Al Abidin menyelenggarakan Ujian Akhir Semester (UAS) gasal pada tanggal 5 s.d 9 Desember 2016 yang diikuti 541 siswa kelas 7, 8 dan 9. Materi yang diujikan secara tertulis adalah Matematika, Bahasa Indonesi, Bahasa Inggris, IPA, PKN, IPS, Bahasa Jawa, Bahasa Arab, PAI dan yang dipraktekkan adalah TIK, Olah Raga dan Bahasa Arab. Hasil UAS gasal diharapkan bisa jadi bahan evaluasi pembelajaran semester 1 untuk menghadapi pembelajaran semester gasal dan Ujian Kenaikan Kelas (UKK).