Home BOARDING

BOARDING

BOADING SCHOOL

Sejak awal berdiri, SMP Islam Al Abidin menyelenggarakan pendidikan berbasis asrama atau boarding school. Boarding School adalah konsep pendidikan yang ditawarkan sekolah untuk membina siswa agar menjadi generasi muslim yang salih, mandiri dan disiplin. Siswa boarding SMP Islam Al Abidin tersebar dari berbagai daerah baik dari dalam maupun luar Jawa. Bahkan, beberapa siswa ada yang dari luar negeri.

Kegiatan Boarding School dimulai sore hari selepas siswa menjalani pembelajaran regular di sekolah. Siswa program asrama memulai kegiatan sore dengan berolahraga dan bersih diri. Kemudian dilanjutkan dengan dzikir petang dan shalat wajib berjamaah. Kegiatan pembinaan keislaman atau mentoring dilaksanakan di sela-sela sholat berjamaah. Selepas Shalat Isya’ adalah kegiatan Halaqah Quran dan belajar. Setiap pagi, siswa dibiasakan bangun sebelum Shubuh untuk melaksanakan Shalat Sunnah, Shalat Shubuh kemudian dilanjutkan dengan dzikir dan olah raga pagi.

Selain itu, setiap akhir pekan siswa mengikuti kegiatan riyadhoh dan kecakapan hidup atau life skils. Olah raga, rekreasi, lomba-lomba, bersih-bersih, masak bersama, dan kegiatan pengembangan diri lainnya dilaksanakan setiap akhir pekan. Boarding school memberikan porsi istirahat yang cukup agar siswa bisa mengikuti kegiatan asrama dan sekolah dengan baik.

Dengan mengkuti program Boarding School, siswa diharapkan menjadi generasi yang tangguh, mandiri, disiplin dan memiliki kompetensi keislaman yang baik.